Softskill: Struktur dan Jenis Jenis Web

STRUKTUR WEB

Struktur web adalah alur dari sebuah situs web yang bertujuan untuk navigasi situs tersebut. Struktur web yang tepat akan memberikan pengalaman yang baik (mencegah kesulitan navigasi). Ada 4 jenis struktur web yang biasa dipakai:
  1. Linear
  2. Hierarkis
  3. Non Linear
  4. Campuran

1. Linear

Struktur web linear bersifat urut, untuk membuka bagian selanjutnya, bagian sebelumnya harus dibuka terlebih dahulu.


  • Plus:
    • Simple
    • Sangat mudah untuk dibuat
  • Minus:
    • Tidak bisa "skip"
    • Navigasi sulit
  • Kegunaan:
    • Bagian registrasi situs
    • Laman pribadi

2. Hierarki

Struktur web hierarki atau nama lainnnya bercabang menggunakan 2 jenis page. Page utama bernama master page akan menampilkan page lainnya yang disebut dengan slave page.
  • Plus:
    • Lebih fleksibel dari struktur linear
    • Navigasi lebih mudah (karena bisa lompat)
  • Minus:
    • Harus satu konteks
    • Tidak bisa langsung dipakai; harus pakai master page
  • Kegunaan:
    • Jenis-jenis produk
    • Jadwal kelas

3. Non Linear

Struktur web non linear adalah pengembangan dari struktur linear. Percabangan dalam struktur ini lebih mirip pohon keluarga, dan tidak ada slave dan master page.

4. Gabungan

Struktur web gabungan adalah kombinasi dari ketiga struktur web diatas. Struktur ini memberikan interaktivitas yang tinggi.


JENIS-JENIS WEB

Ada berbagai jenis web berdasarkan fungsinya. Jenis-jenis web dikategorikan sebagai berikut:
http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/Mengenal_Jenis_web.pdf

  1. Search Engine
  2. Web Portal
  3. Wiki
  4. Archival Site
  5. SNS
  6. Forum
  7. News
  8. Media Sharing
  9. File Sharing + Cloud Storage
  10. Corporate Site
  11. Online Store
  12. Blog
Berikut penjelasan dan contoh situs masing-masing kategori:


1. Search engine
Search engine adalah mesin pencari berbasis web yang bekerja dengan mekanisme indexing dan crawling. Indexing adalah kegiatan mengoleksi situs-situs, sedangkan Crawling adalah pencarian manual secara menyeluruh website yang bisa disetting melalui robots.txt. Contoh search engine: Google, Bing, DuckDuckGo, Yandex.ru (яндекс dari Russia)

2. Web Portal
Web portal adalah situs yang mengumpulkan dan menyajikan informasi dari berbagai sumber (biasanya berita). Beberapa situs tersebut memiliki informasinya sendiri. Sebutan lainnya adalah aggregator. Contoh web portal: YahooMSNYandex.ru (яндекс) (selain search engine, yandex dan yahoo juga punya portalnya sendiri di page yang sama)

3. Wiki
Wiki adalah situs yang siapa saja bisa mengedit asalkan mengikuti aturan yang ada. Walaupun demikian, situs tersebut harus dimoderasi dan tidak akurat 100%, setidaknya sampai ada yang mengubahnya. Contoh wiki: WikipediaWikia (operating as Fandom).

4. Archival Site
Archival Site adalah situs yang mengumpulkan data untuk diarsip dari berbagai sumber (bisa dari pengguna). Kegunaannya, untuk mencegah kehilangan situs dan file yang bisa terjadi karena hostingnya sudah expired, situsnya down, atau masalah lainnya. Contoh archival site: Archive.orgarchive.is (dan juga subdomainnya: archive.fo, archive.today). Patut diingat, archival site bekerja dengan sistem crawling, dan tidak ada jaminan situs yang diarsip bekerja seperti dahulu kala.

5. SNS
SNS adalah situs pertemanan online yang bertujuan untuk interaksi antar user secara online. Interaksi ini bisa dihasilkan dengan pertukaran video, gambar, musik, dan teks. Contoh SNS: FacebookTwitter, VKontakte (ВКонтакте)

6. Forum
Forum adalah situs dimana setiap orang yang terdaftar dapat berinteraksi antar user secara online, biasanya terkait dengan sebuah topik diskusi. Contoh forum: KASKUSReddit (gunakan custom DNS), XDADevelopers.

7. News Site
Situs berita adalah situs yang memuat berita dan informasi. Berita dan informasi tersebut memiliki bermacam-macam kategori. Satu situs berita bisa memfokuskan terhadap satu kategori saja. Ada beberapa situs berita yang memiliki semacam "paywall", dimana anda harus membayar langganan untuk mengunjungi situs tersebut secara parsial atau secara total. Contoh situs berita: DetikcomNYTimes, CNN.

8. Media Sharing
Media sharing site adalah situs yang memungkinkan usernya untuk berbagi media, baik itu gambar, musik, atau/dan video. Beberapa situs Contoh situs media sharing: YoutubeNicoNicoDouga (situs video asal Jepang ini spesial karena komentar pengguna masuk ke video), Imgur.
Beberapa situs media sharing ini juga mendukung streaming, kondisi dimana video tidak diupload ke server pusat, melainkan diupload dari komputer pengguna melalui server ingest dan ditonton. Contohnya, Twitch.

9. File Sharing + Cloud
Kenapa file sharing site dan cloud file digabungkan? Karena, secara prinsip kedua situs tersebut memiliki fitur yang sama. Cloud site adalah situs yang memungkinkan usernya untuk berbagi file dalam berbagai jenis. Contoh situs media sharing: mega.nz, MediaFire, Google Drive. Beberapa situs file sharing memiliki fungsi pencarian seluruh file yang ada.

10. Corporate Site
Corporate site adalah situs yang dimiliki oleh perusahaan yang tujuannya untuk mengetahui perusahaan lebih dalam. Contoh situs perusahaan: ToyotaIntel.

11. Online Shop
Situs online shop adalah situs yang bertujuan untuk memfasilitasi jual beli antara konsumen dan pebisnis, atau pebisnis dengan pebisnis lainnya (B2B). Ada 2 jenis online shop menurut saya:

  • Online shop yang stoknya disuplai dari provider, seperti Lazada
  • Online shop yang stoknya disuplai dari penjual independen, seperti Tokopedia, Ebay


12. Blog
(tempat dimana tulisan ini ditulis) Blog adalah sejenis jurnal atau diari online. Biasanya berisi pendapat dari sang penulis. Contoh blog antara lain: Blogger, Wordpress, Tumblr (jika tidak bisa masuk, coba ganti DNS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

In depth review of Chinesium "Bulldozer" H55 Board (ZX-H55M V1.41) / Review mendalam mobo cina "Bulldozer" H55 (ZX-H55M V1.41)

Hanmi Micronics/Micronics

Download NFS Carbon and Underground 1 arcade version