Softskill: Pengantar Web Science


PENGANTAR WEB SCIENCE

Introduction


PT1. Apa itu web?

WWW, atau nama lainnya The Web, adalah semacam sistem informasi, dimana resource yang dibutuhkan teridentifikasi dengan URI (Uniform Resource Identifiers) atau URL (Uniform Resource Locator) (https://www.w3.org/Help/#webinternet).
Tapi, bagaimana Web sendiri terbentuk?

Web sendiri, lebih tepatnya World Wide Web, ditemukan oleh Tim Berners Lee dari Inggris pada tahun 1989. Dia membuat browser pertama pada tahun 1990 ketika dia bekerja di CERN (European Organization for Nuclear Research) di Jenewa, Swiss. Tujuannya? Untuk memudahkan mencari informasi di komputer yang lainnya, terkadang di belahan dunia lainnya. Setelah pengunaan secara internal oleh CERN, CERN pun pada akhirnya merilis browsernya kepada institusi pendidikan pada bulan Januari tahun 1991, dan merilisnya kepada khalayak ramai di tahun yang sama pada bulan Agustus. Website pertama mungkin sudah hilang,

Di era awal internet, ada dua protokol, HTTP milik WWW dan Gopher. Dari kedua protokol tersebut, hanya HTTP yang mendominasi. Search engine belum ditemukan pada saat itu, orang-orang harus mencari sebuah situs dengan melihat direktori. Semacam yellow pages. Search engine pertama baru ditemukan di tahun 1993, namanya ALIWEB.

Dominasi oleh protokol HTTP dibandingkan dengan Gopher, disebabkan kedua faktor. Pertama, HTTP sendiri bersifat gratis. Hal ini disampaikan oleh CERN di bulan April tahun 1993. Kedua, struktur dari Gopher bersifat terlalu kaku dibandingkan file HTML-nya HTTP. Gopher harus menggunakan sistem menu, sedangkan HTML bisa lebih fleksibel. Kedua hal inilah yang menyebabkan popularitasnya meroket. Konferensi pertama dari WWW diadakan di bulan Mei tahun 1994.

Pada tahun 1995-2000, terjadilah dot com boom, dimana spekulasi berlebihan terhadap saham-saham perusahaan startup, menyebabkan nilai saham mereka meroket. Akan tetapi, hal ini berubah pada tahun 2001, dimana beberapa perusahaan merugi dan pada akhirnya bangkrut. Beberapa perusahaan lainnya bertahan.

Tahun 2002, muncullah Web 2.0, dimana WWW sudah lebih interaktif dibandingkan yang sebelumnya.


PT2. Apa itu web science?

Secara bahasa, Web science terdiri dari web dan science. Masing-masing memiliki artinya yang berbeda. Web adalah sebuah laman informasi yang menggunakan internet sebagai media untuk propagasinya.

Science sendiri memiliki arti Ilmu Pengetahuan. Akan tetapi, science memiliki arti lainnya yakni aktivitas pemecahan sebuah masalah yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia.

Untuk Web Science sendiri, Web Science adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan web. Biasanya topik yang dibahas antara lain: sosiologi, ilmu komputer, ekonomi, dan matematika.



PT3. Kenapa harus belajar web science?

                IMO, tujuan kenapa kita harus mempelajari materi web science adalah untuk mempelajari hubungan manusia dengan internet, dan hubungan ini bersifat dinamis, selalu berubah; juga tujuan lainnya adalah mempelajari pengunaan internet dari masa ke masa. Contohnya E-Banking belum ada 20 tahun yang lalu, hanya baru muncul ketika internet berkembang dengan pesat dan teknologi sudah mencukupi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

In depth review of Chinesium "Bulldozer" H55 Board (ZX-H55M V1.41) / Review mendalam mobo cina "Bulldozer" H55 (ZX-H55M V1.41)

Hanmi Micronics/Micronics

Download NFS Carbon and Underground 1 arcade version