PERUSAHAAN DALAM BIDANG IT
PERUSAHAAN DALAM BIDANG IT
Startup
1.1 Bukalapak
PT Bukalapak.com (selanjutnya disebut “Bukalapak”) adalah suatu perseroan terbatas yang salah satu jenis usahanya bergerak di bidang jasa portal web. Bukalapak dalam hal ini menyediakan Platform perdagangan elektronik (e-commerce) dimana Pengguna dapat melakukan transaksi jual-beli barang dan menggunakan berbagai fitur serta layanan yang tersedia.
(Halaman beranda bukalapak.com)
Perusahaan yang berlokasi di Metropolitan Tower, Lantai 22, Cilandak, Jakarta, Indonesia ini didirikan pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid, dan Nugroho Herucahyono semasa berkuliah di ITB dalam rangka mengantisipasi larisnya sepeda lipat di saat itu. Bukalapak didirikan di sebuah kos di Bandung. Pendirinya, Achmad Zaky dan Muhammad Fajrin memperoleh penghargaan Satyalancana Wira Karya masing-masing pada tahun 2016 dan 2019.
Bukalapak telah menerima pendanaan dari berbagai macam perusahaan seperti Batavia Incubator pada tahun 2011, GREE Ventures pada tahun 2012, mendapat pendanaan Seri A pada tahun 2014 dari 3 perusahaan, mendapat pendanaan Seri B oleh Emtek Group (pemilik SCTV) pada tahun 2015, dan pendanaan Seri F oleh Asia Growth Fund dan Shinhan Financial Group Co Ltd.
Visi
Visi dari Bukalapak adalah untuk menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia.
Misi
Misi dari Bukalapak adalah memberdayakan UKM yang ada di seluruh penjuru Indonesia.
Layanan
Platform
Bukalapak mengelola dan menyediakan Platform bagi Pengguna untuk melakukan penjualan, promosi, mengunggah konten, serta melakukan pembelian barang yang sesuai dengan Aturan Penggunaan Bukalapak dengan alamat Situs www.bukalapak.com dan seluruh microsite beserta aplikasi Bukalapak (berbasis Android dan iOS) yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler Pengguna.
Sistem Pembayaran
Bukalapak bekerja sama dengan Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (Bank dan Non-Bank) resmi yang diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk menyediakan sistem pembayaran guna memudahkan dan mengamankan setiap transaksi yang berlangsung di Platform Bukalapak bagi para Pengguna baik Pembeli maupun Pelapak (Penjual).
Chat/Kirim Pesan
Bukalapak menyediakan fitur “Chat” / “Kirim Pesan” bagi Pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain antar Pengguna baik Pelapak (Penjual) maupun Pembeli, untuk menanyakan produk yang ingin dibeli sesuai dengan Aturan Penggunaan. Melalui fitur “Chat” / “Kirim Pesan”, Pembeli dapat menanyakan barang yang hendak dibeli kepada Pelapak (Penjual), yakni terkait dengan harga barang, ketersediaan stok barang, ataupun hal lainnya yang dapat mempengaruhi kondisi barang yang dibeli oleh Pembeli.
Ekspedisi Pengiriman Barang
Bukalapak bekerja sama dengan Partner Ekspedisi Pengiriman Barang Resmi untuk menyediakan pilihan metode pengiriman barang, guna memudahkan setiap transaksi yang berlangsung di Platform Bukalapak, bagi para Pengguna baik Pembeli maupun Pelapak (Penjual), kecuali untuk Layanan Ambil Sendiri.
BukaBantuan
BukaBantuan merupakan layanan yang disediakan oleh Bukalapak untuk memfasilitasi penyelesaian masalah termasuk namun tidak terbatas pada masalah transaksi antara Pembeli dan Pelapak (Penjual), pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, pelaporan pelanggaran produk, dan lain-lain. BukaBantuan merupakan fitur layanan pelanggan yang terdiri dari daftar referensi seputar pertanyaan yang paling banyak ditanyakan serta informasi omni channel yang dapat dipilih seperti nomor call center, layanan email, hingga live chat sehingga pelanggan dapat leluasa mengajukan pertanyaan atau keluhan seputar produk, cara pembayaran, jasa pengiriman, cara retur barang dan sebagainya. Melalui layanan BukaBantuan, Pengguna dapat :
Menanyakan dan mengajukan keluhan mengenai segala hal terkait dengan transaksi di Bukalapak yang berhubungan dengan Fitur/Produk, cara pembayaran, jasa pengiriman, cara retur barang dan lain-lain.
Langsung menghubungi Customer Service Bukalapak untuk mendapatkan kebutuhan informasi dan menyelesaikan permasalahan yang dialami, baik terkait permasalahan transaksi maupun yang selain permasalahan transaksi.
Menggunakan layanan BukaBantuan sebagai sarana aduan atas pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, duplikasi produk oleh pengguna lain, duplikasi foto/deskripsi.
Otentikasi 2 Langkah dan Kode Otentikasi
Bukalapak mengelola dan menyediakan Platform bagi Pengguna untuk melakukan penjualan, promosi, mengunggah konten, serta melakukan pembelian barang yang sesuai dengan Aturan Penggunaan Bukalapak dengan alamat Situs www.bukalapak.com dan seluruh microsite beserta aplikasi Bukalapak (berbasis Android dan iOS) yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler Pengguna.
Saldo
BukaDompet
BukaDompet merupakan sarana penampung dana yang disediakan oleh Bukalapak kepada setiap pengguna terdaftar. BukaDompet dapat menyimpan dana hasil penjualan (remit), dana hasil pengembalian transaksi (refund), dan dana pembayaran transaksi.
DANA
DANA adalah layanan uang elektronik berbasis server yang diselenggarakan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe www.dana.id yang merupakan pemegang lisensi resmi dengan nama DANA yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia. DANA bisa digunakan untuk proses pembayaran transaksi yang terjadi di Bukalapak. Ketika terjadi pembatalan transaksi, uang akan dikembalikan ke DANA atau ke BukaDompet jika limit saldo DANA tidak mencukupi. Penambahan (Top Up) saldo DANA bisa melalui platform Bukalapak.
BukaPengiriman
BukaPengiriman adalah layanan pengiriman barang yang disediakan oleh Bukalapak bagi Pengguna, di mana Bukalapak bekerja sama dengan pihak jasa ekspedisi sebagai pihak penyedia jasa pengiriman barang.
Ambil Sendiri
Layanan “Ambil Sendiri” adalah layanan di mana Pembeli dapat mengambil barang secara langsung ke lokasi Pelapak (Penjual) dengan batasan jarak tertentu.
1.2 Gojek
(Halaman beranda gojek.com)
Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Saat ini, Gojek telah tersedia di 50 kota di Indonesia. Hingga bulan Juni 2016, aplikasi Gojek sudah diunduh sebanyak hampir 10 juta kali di Google Play pada sistem operasi Android, dan telah tersedia di App Store. Gojek juga mempunyai layanan pembayaran digital yang bernama Gopay. Selain di Indonesia, layanan Gojek kini telah tersedia di Thailand, Vietnam dan Singapura.
Logo
(Solv, logo baru gojek)
Logo Gojek adalah Solv. Logo Solv ini menyimbolkan bahwa Gojek punya berbagai solusi, untuk setiap situasi. Serta memberikan power untuk melewati keribetan sehari-hari. Ini menjadi pengingat bahwa di balik setiap tantangan, pasti ada solusi untuk melewatinya. Karena dengan Gojek, #PastiAdaJalan.
Visi
“Membantu memperbaiki struktur transportasi di Indonesia, mmberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pengiriman dokumen, belanja harian, dengan menggunakan layanan fasilitas kurir, serta turut mensejahterakan kehidupan tukang ojek di Jakarta dan Indonesia kedepannya”
Misi
Menjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai jasa transportasi tercepat dalam melayani kebutuhan masyarakat Indonesia.
Menjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola struktur transportasi yang baik dengan menggunakan kemajuan teknologi.
Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.
Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada pelanggan
Layanan
Transport dan logistik
Pada layanan transport dan logistik, gojek menyediakan 5 fitur, yaitu goride, gocar, gobluebird, gosend, dan gobox.
Pembayaran
Pada layanan pembayaran, gojek menyediakan 6 fitur, yaitu gopay, gotagihan, paylater, gosure, gogive, dan goinvestasi.
Pesan makanan dan belanja
Pada layanan pesan makanan dan belanja, gojek menyediakan 3 fitur, yaitu gofood, gomed, dan gomart.
Bisnis
Pada layanan bisnis, gojek menyediakan fitur gobiz untuk membantu penggunanya dalam mengelola bisnis.
Hiburan
Pada layanan hiburan, gojek menyediakan 3 fitur, yaitu goplay dan gotix.
1.3 RuangGuru
(Halaman beranda ruangguru.com)
PT RUANG RAYA INDONESIA (Ruangguru) adalah perseroan terbatas yang bergerak di bidang pendidikan nonformal yang didirikan menurut dan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia serta telah memperoleh Izin Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal dan Izin Operasional Lembaga Kursus Pelatihan dengan Nomor 3/A.5a/31.74.01/-1.851.332/2018.
Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk sektor teknologi konsumen di Asia. Di tahun 2019, mereka mendapat penghargaan sebagai Emerging Entrepreneur dari Ernst & Young.
Ruangguru telah bermitra dengan 32 (dari 34) Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia. Ruangguru juga telah memenangkan sejumlah penghargaan di dalam dan luar negeri, termasuk Solver of MIT, Atlassian Prize,UNICEF Innovation to Watch,Google Launchpad Accelerator, dan ITU Global Industry Award.
Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Kami telah memiliki lebih dari 22.000.000 pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.
Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.
Tujuan
Untuk menyediakan layanan pendidikan dan materi pembelajaran dari guru-guru terbaik Indonesia.
Untuk meningkatkan kualitas guru dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan tambahan penghasilan bagi guru di Indonesia.
Memudahkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran yang berkualitas.
Membantu proses belajar siswa tanpa batasan ruang dan waktu.
Misi
Ruangguru memiliki misi untuk menyediakan dan memperluas akses terhadap pendidikan berkualitas melalui teknologi untuk semua siswa, kapan saja dan di mana saja.
Desain Grafis
2.1 Mandreel
(Halaman beranda mandreel.com)
Mandreel merupakan sebuah perusahaan yang didirikan oleh sekelompok pakar yang bergabung karena adanya kesamaan visi. Mandreel menyediakan berbagai layanan antara lain terkait dengan branding bisnis, desain, jasa penulisan, IT, pemasaran, dan lainnya. Perusahaan ini mulai dibentuk tahun 2018, Mandreel saat ini mengutamakan fokus pelayanannya pada jasa pembuatan logo dan desain.
Perusahaan ini memiliki beberapa klien terkemuka diantaranya yaitu Tokopedia, Aqua, Amarta, vivo, blibli, Danamon, Bank Indonesia, Grab, Djarum, Indonesia Fashion Week, Maybelline, Super Soccer, Datsun, dan Crunchbase. Mandreel memiliki 3 cabang di Asia Tenggara, diantaranya Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Untuk di Indonesia sendiri, Mandreel memiliki 2 cabang yaitu di Jakarta dan Bandung.
Tujuan
Untuk menjadi yang terdepan di industri kreatif dan branding di Indonesia dengan menyediakan jasa layanan yang optimal, hubungan yang baik di lingkup internal dan eksternal, serta profit yang menguntungkan baik bagi karyawan maupun perusahaan.
Visi dan Misi
Visi
Menjadi penyedia layanan jasa dengan kualitas terbaik dan terpercaya di Indonesia dan Asia Tenggara.
Misi
Membangun hubungan baik antara pelanggan dan klien serta menyediakan jasa layanan terbaik yang selaras dengan perkembangan teknologi dan dengan beragam inovasi.
Membangun hubungan baik antar internal perusahaan.
Turut aktif dalam melakukan promosi di berbagai sosial media.
Terus meningkatkan kualitas layanan serta performa perusahaan dengan melakukan evaluasi rutin.
Mengikuti pelatihan yang relevan dengan target pencapaian perusahaan.
Layanan
Desain Kartu Undangan Pernikahan Unik dan Murah
Jasa Desain Grafis, Branding & Kreatif
Jasa Pembuatan Desain Logo, Kaos & Grafis
Jasa Ilustrasi Karikatur, StoryBoard dan Komik
Jasa Google Ads, Platform Pemasaran Masa Kini
Jasa Pembuatan Desain Website
Jasa Konsultan Bisnis Perusahaan dan Konsultasi Bisnis
Sertifikasi Halal MUI Konsultasi
Jasa Kaligrafi Arab & Islam
Kaligrafi Cina
2.2 Loolin
(Halaman beranda loolin.co.id)
Loolin adalah satu perusahaan yang bergerak dibidang Pengembangan Aplikasi dan Desain Grafis. Didirikan pada tahun 2014 oleh orang-orang yang sudah sangat berpengalaman dibidang teknologi informasi dan desain, sehingga produk-produk yang diciptakan dipastikan sangat berkualitas dan mengikuti perkembangan zaman terkini.
Saat ini teknologi informasi memegang peranan penting dalam berbagai perusahaan atau bidang bisnis lainnya, atas dasar tersebut kami membuat berbagai macam produk berkualitas seperti Online Store, Web Company Profile, hingga ke Sistem Informasi Manajemen. Selain itu Sundanese Technology juga menerima jasa pembuatan desain grafis seperti desain logo, kartu nama, desain web, flyer, dan desain-desain lainnya. Dengan ini akan sangat membantu perusahaan Anda terlihat lebih profesional dan modern.
Visi
Menjadi perusahaan teknologi informasi dan design terbaik di kawasan asia yang mampu mendorong kemajuan segala bidang yang ada di masyarakat.
Misi
Menghasilkan Produk IT dan Desain yang kompetitif
Mengedepankan profesionalisme dan Teamwork
Menjalin kemitraan yang saling menguntungkan
Memenuhi kebutuhan masyarakat dibidang IT dan Desain secara efisien
Layanan
Web Development
Layanan untuk pembuatan website untuk membantu bisnis Anda dikenal publik luas dan juga sebagai penyedia informasi bisnis yang Anda sedang jalani saat ini serta sebagai sarana promosi untuk produk/jasa yang Anda sediakan.
Web Base Application
Layanan pembuatan sistem informasi berbasis web yang akan menjadi sarana pendukung kegiatan bisnis Anda dalam mengelola semua kegiatan perusahaan mulai dari awal hingga akhir sehingga terkelola dengan baik.
Mobile Application
Layanan pembuatan aplikasi berbasis mobile seperti Android dan IOS sebagai sarana pendukung kegiatan bisnis Anda secara cepat, tepat, efisien, serta memberikan citra profesional terhadap perusahaan Anda.
2.3 Gapura Design
(Halaman beranda gapuradesign.com)
Gapura Design merupakan usaha jasa desain yang melayani jasa pembuatan logo usaha, kartu nama, brosur, spanduk, pamflet, brosur, x-banner, katalog, cover buku, kalender, dan baju kaos.
Visi
Menjadi perusahaan desain grafis yang kreatif dan solutif dalam memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia.
Misi
Membantu pelanggan agar dapat memahami konsep desain grafis.
Membantu mewujudkan kreasi dan imajinasi pelanggan kepada sebuah desain grafis yang menarik dan edukatif.
Melakukan terobosan baru dan membuat inovasi di bidang desain grafis kepada pelanggan.
Layanan
Jasa Desain Logo
Jasa Desain Maskot
Jasa Desain Kartu Nama
Jasa Desain Spanduk
Jasa Desain Brosur
Jasa Desain Poster
Jasa Desain Flyer
Jasa Desain Pamflet
Jasa Desain X Banner
Jasa Desain Backdrop
Jasa Desain Company Profile
Jasa Desain Undangan
IT Solution
3.1 Gamatechno
Gamatechno merupakan perusahaan penyedia solusi teknologi informasi yang berkantor pusat di Yogyakarta dan memiliki kantor cabang di Jakarta dan Bali. Resmi berdiri pada 4 Januari 2005 berawal dari pengembangan sistem informasi untuk segmen perguruan tinggi.
Saat ini Gamatechno telah melayani lebih dari 400 klien B2B di seluruh Indonesia. Seiring dengan perkembangan perusahaan, Gamatechno memperluas segmen market untuk menyediakan solusi teknologi bagi institusi pemerintah, bisnis, transportasi dan beberapa segmen penting lainnya.
Pada Januari 2014 Gamatechno berinisiatif untuk mengelompokkan seluruh produk dan layanannya ke dalam Gamatechno Smart City Solution. Value utama dari solusi ini adalah mempermudah dan memangkas segala kerumitan yang ada dalam pengelolaan lebih luas lagi adalah bagi ekosistem sebuah kota beserta yang akan berimbas secara tidak langsung bagi masyarakat luas.
Visi
Menjadi market leader perusahaan pengembang solusi smart city nasional.
Misi
Dalam rangka pencapaian visi dan tujuan perusahaan, berikut ini misi perusahaan Gamatechno:
Mengakomodasi kebutuhan, sumber daya, dan tujuan Universitas Gadjah Mada
Menciptakan masyarakat cerdas melalui produk-produk TI yang digunakan sehari-hari
Berpartisipasi aktif dalam komunitas global untuk membangun industri kreatif digital
Holding Company
PT Gamatechno Indonesia merupakan perusahaan dibawah holding Gama Multi Group. PT Gama Multi Usaha Mandiri (Gama Multi) merupakan perusahaan holding dan investasi yang dimiliki oleh Universitas Gadjah Mada. Anak Perusahaan PT Gamatechno Indonesia:
PT Aino Indonesia (Est. 2012) : Payment Solution
PT Solusi Kampus Indonesia (Est. 2019): Higher Education System Solution
PT Global Data Inspirasi (Est. 2019): Big Data
3.2 Technophoria
Technophoria Indonesia didirikan sejak tahun 2009 di kota pendidikan Yogyakarta. Diawali dari sebuah lembaga pelatihan Teknologi Informasi. Technophoria Indonesia melangkah dengan pasti mengembangkan diri hingga kini. Memenuhi tuntutan dari berbagai kalangan yang sebelumnya secara intens membutuhkan jasa konsultansi bidang Teknologi Informasi. Technophoria Indonesia membuka beberapa layanan jasa pada bidang IT, antara lain, pembuatan aplikasi dan sistem informasi baik berbasis web, desktop maupun mobile, konsultansi rencana induk teknologi informasi (Master Plan IT), aplikasi internet (website), multimedia, CD Interaktif, hingga instalasi jaringan komputer (LAN & Fiber Optic) serta pengadaan infrastruktur IT lainnya.
Pada Bulan Maret 2014, Technophoria Indonesia melakukan joint venture dengan Smile Group Holding Company untuk membentuk satu badan usaha baru yang fokus pada pelatihan teknologi informasi dan pengembangan sumber daya manusia dimana di khususkan untuk instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta nasional dan perguruan tinggi. Badan usaha tersebut diberi nama “Technophoria Yogyakarta” (www.technophoriajogja.com)
Visi
Menjadi sebuah perusahaan IT yang Profesional dan mampu bersaing secara global untuk menjawab tantangan di Era Teknologi Informasi.
Misi
Menyediakan solusi IT bagi Konsumen dengan Kualitas dan pelayanan terbaik.
Menjadi mitra kerja yang profesional dan terpercaya.
Ikut serta dalam pengembangan Teknologi Informasi melalui penelitian yang mengarah kepada penemuan metode - metode terkini.
c. Divisi Usaha
Software Division
Divisi ini mengembangkan produk-produk perangkat lunak yang berkualitas, murah dan mudah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.
CV. Technophoria Indonesia menyediakan jasa perancangan dan pengembangan perangkat lunak, sistem informasi manajemen berbasis multiuser dan client server di bidang keuangan dan administrasi, kesehatan, pendidikan, kepegawaian, inventori dan lain-lain. CV. Technophoria Indonesia juga menyediakan jasa di bidang perancangan dan desain website, media online dan pengembangan aplikasi berbasis web.
Hardware, Networking, and Telecommunication Division
Divisi ini mengembangkan usaha pengadaan perangkat keras guna menunjang implementasi penggunaan teknologi informasi pada perusahaan-perusahaan, lembaga pemerintahan, dan lembaga lainnya. Beberapa produk yang dipasarkan divisi ini adalah komputer server atau personal, dan peralatan jaringan.
Training Division
Divisi ini menyediakan jasa layanan pendidikan, pelatihan serta pengembangan sumber daya manusia pada bidang teknologi informasi.
d. Layanan
Mobile Application
Technophoria Indonesia menyediakan jasa pembuatan aplikasi berbasis mobile baik itu aplikasi mobile yang berjalan di perangkat Android, Apple iOS atau bahkan Window Phone, juga yang terintegrasi dengan aplikasi berbasis web.
Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Geografi dan Pemetaan
Technophoria Indonesia menyediakan jasa pembuatan Sistem Informasi Geografi (SIG) berbasis web dengan tujuan lebih mudah dan luas dalam menjangkau informasi yang akan disajikan.
Data Center dan Infrastruktur
Jaringan Fiber Optik
Technophoria Indonesia memberikan layanan fiber optic, adapun jenis layanan fiber optic yang disediakan antara lain :
Masterplan (Perencanaan) pembangunan jaringan fiber optic.
Survey jaringan fiber optic.
Penarikan fiber optic
Splicing fiber optic
Pengujian Optical Time Domain Reflectometer (OTDR)
Penarikan pipa HDPE (Subduct)
Galian fiber optic
Perawatan jaringan fiber optic
Pengembangan Perangkat Lunak
Konsultasi IT
Technophoria Indonesia sebagai Konsultan IT menangani permasalah Teknologi Informasi, baik dalam bentuk kajian Teknologi informasi maupun implementasi Teknologi Informasi dalam bentuk program aplikasi yang sangat mudah digunakan, sehingga dapat mempercepat proses bisnis pada instansi atau perusahaan penerima jasa.
Pelatihan Teknologi Informasi
Technophoria Indonesia mempunyai satu divisi yang secara khusus concern dalam hal pengembangan kualitas sumber daya manusia terutama dalam bidang teknologi informasi. Divisi training Technophoria Indonesia membuka jasa pelatihan khususnya pelatihan teknologi informasi dan pelatihan lain seperti pemetaan, manajemen proyek dan masih banyak lagi. Tenaga pengajar Technophoria Training Center terdiri dari dosen, praktisi, dan instruktur bersertifikasi sehingga output dari pelatihan yang kami selenggarakan dapat dipertanggungjawabkan hasilnya.
e. Product
Sistem Informasi Manajemen Jabatan (SIM ANJAB)
E-Tourism
Sistem Informasi Data Statistik Sektoral (SIMDA Statistik)
Sistem Informasi Manajemen Potensi Pertanian (SIMPOKTAN)
Sistem Informasi Akademik Terintegrasi (SIAKAD)
Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Desa (SIMPEPEDES)
E-Library dan OPAC
Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Terpadu (SIMRS)
Sistem Informasi Pendataan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak (SIMKTPA)
Sistem Informasi Pemetaan Aset Daerah (SIMPAD)
Sistem Informasi GIS Sekolah (GIS Sekolah)
Sistem Informasi Pelaporan Puskesmas (SIMPELPUS)
Sistem Informasi Manajemen Data Ternak (SIMDATER)
Aplikasi Pemetaan dan Direktori Wisata
Sistem Informasi Data Sektor Industri, Koperasi, dan UMKM (SIMINDUKOP)
Sistem Informasi Manajemen Penanggulangan Kemiskinan Terpadu (SIMNAKISDU)
Sistem Informasi Elektronik, Monitoring, dan Telekomunikasi (EMONEV)
Sistem Informasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP)
Sistem Informasi Kepegawaian Daerah (SIMPEG)
Sistem Informasi Pembangunan Daerah Berbasis Data Spasial (SIPD)
Aplikasi Pendataan Inseminasi Buatan Secara Online (SIMIB)
Sistem Informasi Manajemen Persediaan Barang dan Stok Opname (SIMASTOP)
Sistem Informasi Manajemen Penerangan Jalan Umum (SIMPEJALU)
Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIMPEPEDA)
E-Letter atau Tata Naskah Dinas Elektronik
Electronic Document Management System (EDMS) Plus Data Arsip Kepegawaian
Sistem Informasi Monitoring dan Pelaporan Pembangunan Daerah (SIMOPPEDA)
Sistem Informasi Manajemen Perjalanan Dinas (SIMPERDIN)
Sistem Informasi Manajemen Pariwisata (SIMPARTA)
3.3 Metrodata
Metrodata Electronics adalah perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang solusi IT dan distribusi IT. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 1983 sebagai PT Sarana Hitech Systems di Jakarta.
Metrodata Electronics menyediakan berbagai macam keperluan dan solusi IT dengan menggandeng vendor-vendor terkemuka seperti IBM, Amazon Web Service, Google, HCL Technologies, Oracle, Salesforce, dan UiPath.
Metrodata Electronics telah terdaftar dalam berbagai macam indeks saham terkemuka seperti Kompas100, IDX80, FTSE Micro Cap, FTSE Total-Cap (KMSμ), Jakarta Islamic Index 70 (JII70), dan IDX Value 30 (IDXV39).
Visi
Menjadi provider teknologi digital terpercaya
Misi
Memberikan transformasi digital yang efisien dan efektif, nilai tambah yang inovatif, dan keunggulan layanan kepada pelanggan dan mitra bisnis.
Untuk memaksimalkan nilai pemegang saham dan membangun tempat yang bagus untuk bekerja.
Untuk meningkatkan kemajuan teknologi digital di Indonesia.
Holding Company
Metrodata memiliki berbagai macam anak perusahaan yang memiliki keahlian masing-masing seperti berikut:
Bisnis Solusi (PT Mitra Integrasi Informatika) menyediakan solusi lengkap terkait dengan perancangan, konsultasi, implementasi, dukungan, pemeliharaan, managed services dan pelatihan.
Bisnis Konsultasi (PT Soltius) menawarkan jasa konsultasi dan juga solusi transformasi bisnis.
Bisnis Distribusi (PT Synnex Metrodata Indonesia) menangani distribusi Teknologi Informasi.
Bisnis E Commerce/ B2C (PT My Icon Technology) menyediakan dan menangani produk-produk Teknologi Informasi secara ritel yang berorientasi konsumen.
Bisnis Jaringan (PT Packet Systems Indonesia) menawarkan jasa dan solusi untuk jaringan broadband dan networking untuk klien.
Solusi Perusahaan
Metrodata menawarkan berbagai macam solusi IT, terutama yang terkait dengan:
Cloud Services
Menyediakan layanan cloud untuk umum dengan keamanan yang terjamin dan desain yang berfokus kepada jaringan.Big Data & Analytics
Memproses macam-macam data yang bisa dimanfaatkan untuk pertimbangan keputusan.Keamanan
Mencegah jenis-jenis serangan keamanan dengan orang dan sistem yang tepat.Infrastruktur IT Hybrid
Implementasi infrastruktur gabungan antara sistem berbasis cloud (awan) dengan sistem berbasis lokal in-site/on-premise.Aplikasi Bisnis
Mengembangkan aplikasi bisnis untuk mempermudah proses bisnis.Digital Business Platform
Dengan adanya Digital Business Platform, pekerjaan tidak harus dilakukan dengan karyawan di tempat kerja, bisa dimana saja (contohnya WFH)Layanan Konsultasi dan Saran IT
Metrodata dapat memberikan saran dan mengadakan konsultasi dari klien untuk menanggulangi masalah yang terjadi dan muncul di bidang IT.Manajemen dan Perawatan (Penyedia Layanan Pengelolaan Lengkap)
Sumber :
Komentar
Posting Komentar