PROPOSAL RENCANA BISNIS - CONVERSATION AI
PROPOSAL RENCANA BISNIS
CONVERSATION AI
Disusun oleh :
Giovanni Alfarizi (52417562)
Muhammad Khalif Fadhilah (54417106)
Saidatul Arifah (55417452)
Vika Putri Ariyanti (56417094)
Ringkasan Eksekutif
Informasi merupakan hal yang sangat penting di era modern seperti sekarang ini. Selama ini, customer mendapatkan informasi dari dengan menghubungi layanan customer service. Penyampaian informasi melalui layanan customer service dengan aplikasi chatting umumnya dilakukan oleh dua individu yaitu customer dan operator, akan tetapi jika hanya melalui kerja customer service penyampaian informasi dirasa kurang efektif. Kadang kala pengguna membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan informasi yang diinginkan, karena layanan customer service sedang sibuk melayani customer lain.
Kini dengan adanya chatbot mampu memberikan solusi untuk layanan customer service yang mampu bekerja selama 24 jam penuh dengan memberikan pelayanan berbentuk tanya jawab interaktif kepada customernya.
Berdasarkan informasi di atas, penulis melihat peluang bisnis dalam bisnis layanan pembuatan chatbot. Penulis bisa memanfaatkan ilmu berkaitan tentang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) terutama Machine Learning (ML) dan Natural Language Processing (NLP) yang didapatkan selama kuliah penulis untuk membuat aplikasi chatbot.
Persaingan dengan bisnis jasa pembuatan chatbot mungkin sudah ketat, namun di Indonesia sendiri masih banyak celah karena banyaknya permintaan terhadap teknologi chatbot. Selain itu, dengan adanya riset mengenai kebutuhan berkaitan chatbot, perusahaan bisa mendapatkan berbagai keunggulan seperti mendapatkan potensi pasar.
Tujuan
Tujuan dari Conversation AI adalah menjadi perusahaan yang mampu memberikan solusi untuk memudahkan bisnis dalam hal menangani pertanyaan customer dalam melakukan percakapan di berbagai platform messaging dalam bahasa Indonesia.
Pernyataan Visi Misi
Visi Perusahaan : Menjadi perusahaan IT Solution yang akan terus turut andil
dalam memberikan solusi terhadap kebutuhan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) di perusahaan berbagai industri di Indonesia.
Misi Perusahaan
Memenuhi permintaan jasa/produk chatbot.
Berorientasi pada keinginan klien sebagai prioritas.
Terus melakukan riset untuk turut andil dalam memberikan solusi terhadap teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).
Perusahaan
Conversation AI adalah sebuah perusahaan yang bekerja dalam bidang AI (Artificial Intelligence) yang menawarkan produk “Virtual CS” sebagai asisten virtual messaging yang membantu konsumen mengakses informasi layanan customer service di berbagai platform messaging seperti telegram, Line, Whatsapp, dan lain sebagainya dan “Consult Bot” sebagai asisten virtual untuk membantu konsumen untuk konsultasi serta layanan pembuatan Custom Bot. Selain itu, perusahaan Conversation AI juga menawarkan jasa “Custom Bot” untuk jasa pembuatan Bot. Perusahan Conversation AI memiliki logo seperti pada Gambar 1.
Gambar 1. Logo Perusahaan
Pada Logo perusahaan Conversation AI terdapat gambar sebuah robot dan logo messaging yang menyimbolkan bot dengan kecerdasan buatan yang dapat melakukan percakapan via chat. Dimana bot yang dapat melakukan via chat merupakan produk dan layanan yang akan diberikan perusahaan Conversation AI untuk konsumennya. Sedangkan tulisan Conversation AI menunjukkan nama perusahaannya.
Kepemilikan Perusahaan
Kepemilikan Conversation AI yaitu Perseroan Terbatas (PT) yang didirikan oleh 4 orang yaitu Giovanni Alfarizi, Muhammad Khalif Fadhilah, Saidatul Arifah, dan Vika Putri Ariyanti dengan modalnya berasal dari investor. Pemilik memiliki tugas masing-masing dalam mengelola perusahaan. Founder dan Co-Founder memiliki tugas sebagai Pengurus (Direksi) sedangkan 1-2 orang investor akan ditunjuk sebagai Pengawas (Komisaris).
Sejarah Perusahaan
Giovanni Alfarizi, Muhammad Khalif Fadhilah, Saidatul Arifah, dan Vika Putri Ariyanti adalah seorang mahasiswa dari jurusan Teknik Informatika Universitas Gunadarma. Awal mula pengembangan bisnis yang kami lakukan adalah membuat proposal rencana untuk tugas akhir mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika. Dengan ketertarikan kami di bidang teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) terutama pada Teknologi Machine Learning (ML) dan Natural Language Processing (NLP), kami membuat chatbot yang kami beri nama “Virtual CS” untuk pertama kalinya. Kemudian kami menawarkan chatbot ini untuk digunakan sebagai layanan percakapan. Dengan seiring berkembangnya waktu kami juga menawarkan jasa dalam hal pembuatan chatbot.
Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
Perusahaan Conversation AI berada di Kantor Wisma Bisnis Indonesia 1 Lantai L3 Jl. Karet Pasar Baru Barat II No.22, RT.10/RW.6, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat dengan luas tanah dan bangunan 45 m2 dengan status gedung sewa. Fasilitas yang terdapat pada Conversation AI yaitu : office room, musholla, meeting room, toilet, dan waiting room. Conversation AI juga memiliki fasilitas pendukung yang telah disediakan oleh Kantor Wisma Bisnis diantaranya yaitu AC di setiap ruangannya, wifi, tangga darurat, tempat parkir, dan lift.
Produk/Jasa
Conversation AI menawarkan platform chatbot yaitu “Virtual CS” dan “Consult Bot”. Virtual CS ini merupakan platform chatbot sebagai asisten virtual messaging yang membantu konsumen mengakses informasi layanan di berbagai platform messaging dalam bahasa Indonesia. Selain menyediakan platform chatbot “Virtual CS”, selain itu Conversation AI juga menawarkan produk “Consult Bot” yang merupakan platform chatbot sebagai asisten virtual berbentuk bot untuk membantu konsumen dan layanan pembuatan Custom Bot yang dapat membantu perusahaan besar di berbagai industri di Indonesia.
Deskripsi Barang dan Jasa
Virtual CS
Virtual CS adalah asisten virtual messaging yang membantu konsumen mengakses informasi layanan customer service melalui percakapan di Whatsapp, Line, Telegram, atau aplikasi message lainnya. Melalui Virtual CS ini konsumen dapat menanyakan berbagai hal seperti menyampaikan keluhan, menanyakan stock barang, harga barang, atau lain sebagainya melalui percakapan di Whatsapp, Line, Telegram, atau aplikasi message lainnya.
Consult Bot
Consult Bot adalah asisten virtual untuk membantu konsumen untuk konsultasi. Consult Bot ini dapat digunakan sebagai media konsultasi baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Namun consult bot juga dapat digunakan sebagai media untuk konsultasi penyedia jasa seperti pembuatan baju dan lain sebagainya. Consult Bot ini memiliki berbagai fitur asisten seperti untuk memberikan informasi terkait layanan yang diberikan dan info kantor ataupun cabangnya, menjadwalkan janji temu dan konsultasi, dan sebagainya.
Custom Bot
Custom Bot merupakan layanan yang disediakan oleh perusahaan Conversation AI untuk jasa pembuatan Bot dimana desain serta fiturnya ditentukan oleh kliennya.
Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa
Perusahaan kami memiliki 2 produk dan layanan jasa custom bot yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien. Produk chatbot “Virtual CS” yang kami sediakan dapat dijadikan asisten virtual untuk layanan CS messaging dan terintegrasi dengan beberapa platform messaging. Sedangkan produk “Consult Bot” dapat digunakan sebagai asisten virtual untuk memberikan informasi terkait layanan yang diberikan serta informasi berkaitan kantor ataupun cabangnya, menjadwalkan janji temu serta konsultasi, bahkan sebagai media pemesanan produknya. Chatbot dari perusahaan kami juga dapat di custom sesuai kebutuhan klien.
Layanan Konsumen/Tindak Lanjut Layanan
Conversation AI memberikan layanan kepada pelanggan selama 24 jam. Untuk layanan bisa melalui fitur chat yang tersedia di halaman website atau datang secara langsung ke kantor kami.
Analisis Pasar
Analisis Industri
Prospek Masa Depan Industri TI
Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan oleh Mordor Intelligence, perusahaan market advisory intelligence menyatakan pasar chatbots bernilai US$864,9 pada tahun 2017 dan diproyeksikan akan mencapai US$3.146,4 juta pada tahun 2023, tumbuh 24,1% selama periode 2018-2023.
Analisis Persaingan
Produk dan Jasa yang ditawarkan perusahaan Conversation AI adalah chatbot yang mampu dalam hal menangani pertanyaan customer dalam melakukan percakapan di berbagai platform messaging dalam bahasa Indonesia. Terdapat perusahaan chatbot di Indonesia antara lain seperti PT Elektronik Virtual Asisten (EVA) yang merupakan perusahaan pembuat chatbot untuk berbagai kebutuhan di berbagai platform messaging, seperti telegram, facebook dan LINE, PT Antares Global Teknologi atau Bahasa.ai merupakan perusahaan yang menawarkan chatbot yang memungkinkan melakukan percakapan dalam bahasa Indonesia serta PT Botika Teknologi Indonesia (Botika) yang merupakan perusahaan Artificial Intelligence (AI) yang menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) yang dapat memahami percakapan Bahasa Indonesia sehari-hari. Botika membantu pemilik bisnis online sebagai asisten percakapan via chat untuk melayani pelanggan mulai dari awal sampai dengan transaksi produk, seperti pencarian jadwal tiket pesawat dan booking. Ketiga perusahaan memiliki kemiripan dengan produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Conversation AI. Dalam hal, ini ketiga perusahaan tersebut merupakan saingan perusahaan Conversation AI.
Peramalan Pasar/Pasar Sasaran
Segmentasi pasar yang akan perusahaan Conversation AI masuki adalah perusahan-perusahaan menawarkan layanan percakapan berbentuk tanya jawab interaktif kepada konsumennya.
Kunci untuk Sukses
Kualitas Bersaing
Terintegrasi dengan Banyak Platform
Conversation AI terintegrasi dengan beberapa platform diantaranya yaitu : LINE, Telegram, Twitter, Whatsapp, Skype, Facebook, dan website.
Memiliki Fitur Custom
Dengan adanya layanan Custom Bot, pelanggan dapat memesan chatbot sesuai dengan kebutuhan.
Strategi Bisnis dan Implementasi
Strategi bisnis yang dilakukan ialah dengan melakukan riset mengenai kebutuhan berkaitan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dibutuhkan oleh perusahaan di berbagai industri di Indonesia sehingga muncul inovasi produk yang dapat diberikan oleh perusahaan Conversation AI untuk memberikan solusi terhadap kebutuhan perusahaan tersebut.
Periklanan
Dengan memanfaatkan website dan sosial media seperti instagram, dan lain-lain untuk mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan. Selain itu, juga memberikan testimoni pada website perusahaan. Dengan adanya testimoni, perusahaan berharap promosi dapat berjalan efektif dan efisien.
Strategi Pemasaran
Produk/Jasa
Conversation AI menawarkan platform chatbot yaitu “Virtual CS” dan “Consult Bot”. Conversation AI menawarkan layanan pembuatan Custom Bot yang dapat membantu perusahaan besar di berbagai industri di Indonesia.
Harga
Harga yang ditawarkan untuk produk chatbot “Virtual CS” dan “Consult Bot” dari Conversation AI adalah mulai dari 5.000.000/bulan tergantung fitur yang dibutuhkan. Sedangkan untuk jasa adalah disesuaikan lama pembuatan produk, jumlah sumber daya manusia yang dibutuhkan, serta negosiasi antara perusahaan Conversation AI dan perusahaan klien.
Distribusi Penjualan
Jasa dan Produk yang perusahaan Conversation AI ditawarkan melalui website resmi perusahaan, kemudian klien bisa mengirimkan pesan untuk mendapatkan produk atau jasa layanan dari perusahaan kami.
Promosi
Perusahaan Conversation AI secara periodik akan melakukan program promosi penjualan saat hari besar, hari khusus, adanya event nasional/internasional.
Rencana Penjualan
Perusahaan Conversation AI menyediakan sebuah fitur untuk menanyakan tentang fitur, harga, demo dari produk, atau apa pun yang berkaitan dengan jasa dan produk yang ditawarkan perusahaan kami. Jika perusahaan klien kemudian tertarik, selanjutnya akan dilakukan diskusi berkaitan produk/jasa yang diinginkan perusahaan klien. Setelah produk diproses selanjutnya akan dilakukan uji coba terhadap produk. Jika uji coba telah berhasil maka akan dilakukan training kepada pengguna. Kami juga akan melakukan pemeliharaan/maintenance terhadap produk sampai waktu yang telah disepakati (tergantung permintaan klien).
Organisasi
Conversation AI didirikan oleh 4 orang yang menduduki posisi masing-masing sebagai CEO (Chief Executive Officer), CTO (Chief Technology Officer), CFO (Chief Financial Officer), CMO (Chief Marketing Officer), COO (Chief Operating Officer). COO dibawahi oleh beberapa orang engineer.
Struktur Organisasi
Conversation AI memiliki struktur organisasi seperti pada Gambar 2. Struktur organisasi dari Conversation AI terdiri dari CEO (Chief Executive Officer), CTO (Chief Technology Officer), CFO (Chief Financial Officer), CMO (Chief Marketing Officer), COO (Chief Operating Officer), dan engineer.
Gambar 2. Struktur Organisasi
Tingkat tertinggi pada struktur organisasi Conversation AI diduduki oleh seorang CEO (Chief Executive Officer) dan dibawahi oleh CTO (Chief Technology Officer), CFO (Chief Financial Officer), CMO (Chief Marketing Officer), COO (Chief Operating Officer). COO (Chief Operating Officer) dibawahi oleh beberapa orang engineer.
Tim Manajemen
Nama, Posisi, Latar Belakang & Fungsi
Nama, Posisi, Latar Belakang & Fungsi
Nama, Posisi, Latar Belakang & Fungsi
Nama, Posisi, Latar Belakang & Fungsi
Kesenjangan Tim Manajemen
Agar bisnis ini berjalan, Conversation AI membutuhkan 4 orang engineer diantaranya 1 orang sebagai AI engineer dan 3 orang sebagai software engineer. Untuk mengisi kekosongan posisi engineer, Conversation AI melakukan perekrutan secara terbuka.
Pertimbangan Tim Manajemen Lainnya
Dalam proses perekrutan engineer untuk menjadi bagian dari anggota tim, diutamakan untuk seseorang yang pernah memiliki pengalaman di bidang engineer.
Analisis Keuangan
Rencana Keuangan
Modal
Ringkasan modal adalah sebagai berikut :
Biaya Sewa Gedung : Rp. 63.000.000/tahun
Pembelian Peralatan Kantor : Rp. 55.900.000
Biaya Tetap
Ringkasan biaya tetap setiap bulannya adalah sebagai berikut :
Biaya Tidak Tetap
Kapitalisasi dan Biaya Startup
Laporan Keuangan
Annual Growth Rate : 17.4 %
Average Sales Transaction : Rp 1.633.000.000
Ramalan Pendapatan 2022
Ramalan Pendapatan 2023
Ramalan Pendapatan 2024
Estimasi Biaya
Proyeksi Aliran Kas
Berdasarkan prediksi pendapatan, pendapatan kotor perusahaan setiap tahunnya adalah Rp 1.633.000.000. Biaya keperluan diperkirakan 77.1 % dari total penjualan yaitu sebesar Rp 1.260.000.000. Jadi, pendapatan bersih setiap tahunnya adalah Rp 373.000.000 atau Rp 31.084.000 per bulan. Diperkirakan modal akan kembali dalam kurun waktu 4 bulan.
Komentar
Posting Komentar