Mengapa ada iklan sebelum azan Maghrib di Bulan Puasa Ramadhan?

Alasannya karena MONEY/duit. FYI: ini sebutannya iklan prime time dan juga time signal. Banyak penonton yang hadir menunggu Adzan Maghrib di Bulan Puasa Ramadhan, more audience = more money to be made. Karena banyaknya audience, harga slot makin mahal. Ada perbandingannya:

  • Skedul di bulan biasa: biasanya berita/acara sampe dipotong azan dengan newscastnya yg bilang akan ada azan Maghrib. Atau acara lain yang tiba2 dipotong.
  • Skedul di bulan puasa: clickbait (menantikan azan Maghrib), iklan lagi, terus acara dakwah singkat, dan iklan lagi sampai azan Maghrib. Iklannya tidak dipotong, makanya suka telat.

Sefruit tips: dulu gw nonton Elshinta TV, dia ga ada iklan dari pihak ketiga (sponsor dsb) sebelum azan. Paling cuma iklan acara TV internal aja, kayak daftar2 program.

Untuk Adzan subuh, tidak terasa perubahan yang signifikan, acara dipotong. Hanya saja, beberapa stasiun TV mulai on air lebih awal karena ada stasiun TV yang tidak on air lebih awal di luar bulan Ramadhan. Jika disaksikan di luar bulan Ramadhan saat waktu sahur (jam 2-4?), hanya akan muncul SMPTE bar. Karena azan subuh tidak dinantikan audience, tidak ada iklan sebelum azan Subuh.

Tips lagi: jangan sampai tergocek iklan yang menggunakan sampel bedug + Allahuakbar. Seperti iklan Energen (sudah stop siaran, mulai siar di 2006, berlangsung selama 4 tahun sampai 2010)

https://www.bareksa.com/berita/berita-ekonomi-terkini/2015-06-22/berkah-ramadhan-emiten-tv-buru-pendapatan-ekstra

http://adeir.blogspot.com/2007/07/iklan-di-adzan-maghrib-saat-puasa.html?m=1


Komentar

Postingan populer dari blog ini

In depth review of Chinesium "Bulldozer" H55 Board (ZX-H55M V1.41) / Review mendalam mobo cina "Bulldozer" H55 (ZX-H55M V1.41)

Hanmi Micronics/Micronics

Download NFS Carbon and Underground 1 arcade version