Funged! - Indonesianised web3isgoinggreat Bulletin (ep3)

FUNGED EPISODE3


Worldcoin? (this one is also present in web3isgoinggreat)

"Anything for money"

Worldcoin adalah konsep kripto Sam Altman yang menjanjikan universal income dengan cara scan bola mata dengan orb. Permasalahannya adalah dua, yaitu "digital colonialism (Axie Inifnity, everyone?)" dan "data bocor".

Terbutakan oleh cuan

Siapa sih yang ga mau cuan airdrop 10$? Caranya tinggal scan mata, dapet duit. Tapi, buat apa scan mata coba? Kalau kata worldcoin, ini untuk memastikan fairness, dan kata mereka disimpan dalam bentuk hash. Tetapi... masalahnya adalah:

  1. Keamanan
  2. Pre-mined/allocated token
  3. Press X to doubt.
Mari bahas point 1.

  1. Keamanan
    Di saat Worldcoin mengumumkan rilisnya, Edward Snowden berkomentar, "Hash yang disimpan tetap akan bisa diidentifikasi di suatu saat nanti jika scan dilakukan kembali. Jangan simpan identitas bola mata."
    Di sisi lain, ada isu terkait keamanan perangkat, seperti yang diutarakan oleh Jeremy Clark (rekan 
    professor di Concordia Institute for Information Systems Engineering yang berfokus terhadap cryptography). "Alatnya aman, tapi seberapa amankah alat tersebut? Ujung-ujungnya ekonomi. Semakin untung project ini, semakin banyak yang dapat ditangani."
  2. Premined?
    Worldcoin Memiliki premine sekitar 20%: 10% ke Sam Altman, 10% lainnya ke investor seperti a10z (Andreessen Horowitz).
  3. Press X to doubt.
    Banyak yang ucap "to the moon".... tetapi banyak juga yang malah "to the bone".
Digital colonialism juga salah satu kendala. Ruswandi, salah satu orang yang ikut di scan di artikel MIT Tech Review di atas, bertanya tujuannya buat apa. Mereka ga jawab. Terus dia juga bingung: "Lah kenapa nyari yang miskin-miskin, kenapa ga nyari di komunitas kripto aja?" Dan juga, kalau dilihat-lihat, Worldcoin tidak mengincar negara maju dan komunitas kripto.

Di beberapa negara seperti Sudan, karena banyak yang tidak mengerti apa itu e-mail, air dropnya diganti dengan giveaway air pods, tukas salah satu mantan operator scan orb, Mohammad Ahmed Abdalbagee.

Di Indonesia (Jawa Barat lebih tepatnya), perjanjiannya tentang mengajarkan cryptocurrency di SMA Islam. Eh ujung2nya disuruh daftar. (ToS dilanggar, ada pengguna usia 15 tahun mendaftar + ga sesuai perjanjian di awal). Cuan sih cuan, tapi....

For Sale: ID Mata

....ada dugaan bahwa data hasil scan mata dari Kamboja dan Afrika di perjualbelikan di China. Secara teknis, pengguna dari mainland China tidak bisa mendaftar, karena regulasi. Akan tetapi.... disinilah data diperjualbelikan. Data tersebut dijual seharga 30 usd. Tujuannya untuk spekulasi.


my opinion on ponzi scheme?

Ponzi: human centipede type of investment
"if you want to invest please make sure it has been certified by government otherwise you are screwed" "kalau ente mau invest pastikan telah tersertifikasi oleh lembaga pemerintahan certified otherwise you are screwed"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

In depth review of Chinesium "Bulldozer" H55 Board (ZX-H55M V1.41) / Review mendalam mobo cina "Bulldozer" H55 (ZX-H55M V1.41)

Hanmi Micronics/Micronics

Download NFS Carbon and Underground 1 arcade version