Kamis, 09 November 2017

SK: Masalah Sosial

Masalah Sosial  

Pengertian masalah sosial adalah suatu masalah yang berhubungan dengan nilai-nilai sosial dan lembaga-lembaga kemasyarakatan. Hal ini berdasarkan tindakan-tindakan yang dapat mengganggu ketentraman masyarakat.
Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian yang terjadi antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, di mana ketidaksesuaian tersebut bisa membahayakan kehidupan kelompok sosial masyarakat lainnya.

Ada 4 penyebab mengapa masalah sosial bisa terjadi.
  1. Ekonomi
  2. Biologis
  3. Psikologis
  4. Kebudayaan
Keempat penyebab tersebut, adalah penyebab paling utama dalam masalah sosial.

Ekonomi


Dalam segi ekonomi ini biasanya timbul masalah sosial seperti kemiskinan dan pengangguran yang seharusnya menjadi tanggungjawab pemerintah. Hal seperti ini bisa terjadi karena minimnya lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah.
Contohnya, Anto (bukan nama sebenarnya) di-PHK massal oleh sebuah perusahaan. Untuk menghidupi keluarganya, Anto memakai cara yang tidak baik.
Yaitu, dengan mencuri. Ia terus melakukannya sampai tercyduk aparat berwenang.

Biologis

Malnutrisi di Niger, Afrika pada saat insiden kelaparan tahun 2005

Gizi buruk, malnutrisi, dan bibir sumbing  adalah salah satu contohnya. Biasanya selalu terkait dengan faktor ekonomi, dimana keluarga tersebut tidak memiliki uang untuk kebutuhan yang mencukupi. Hal ini juga diperparah dengan pelayanan kesehatan yang buruk, sehingga malnutrisi sering terjadi. Hal ini juga berpengaruh pada angka kematian yang terus meningkat.

Psikologis


Faktor psikologis juga dapat berpengaruh terhadap masalah sosial. Faktor psikologis ini bisa muncul karena beratnya beban hidup yang dirasakan, sehingga akan mengeluarkan emosi dan memicu konflik di masyarakat. Akibatnya tidak bisa diprediksi. Bisa jadi orang tersebut jadi trauma, dan dalam beberapa kasus akan menyerang kembali.

Kebudayaan

Yang dimaksud kebudayaan adalah perkembangan budaya yang mempunyai peran dalam memicu timbulnya permasalahan sosial. Misal, kenakalan remaja, pernikahan dan perceraian, pernikahan dini, dan lain-lain.
Seharusnya faktor budaya ini perlu mendapatkan perhatian yang serius dan penanganan yang tepat tanggap, hal seperti ini sebenarnya mencerminkan tradisi dan kebiasaan masyarakat.



1 komentar:

  1. mas tolong sumber https:// alihamdan. id/masalah-sosial/ dihilangkan. Agar tidak mengganggu reputasi website saya

    BalasHapus